Amankan File dari Tangan Jahil dengan Bitlocker

Amankan File dari Tangan Jahil dengan Bitlocker

oleh : Portal Bisnis Bersama



Arti Berharga Sebuah Berkas

Dizaman serba digital ini memiliki komputer atau laptop adalah suatu keharusan. Namun menjadi masalah jika komputer atau laptop kita dipinjam orang lain. Tidak masalah jika sang peminjam mengerti betul arti berharga dari sebuah berkas sehingga dia berhati-hati saat menggunakan laptop kita. Yang menjadi masalah adalah saat orang yang meminjam laptop kita tidak mengerti arti sebuah berkas sehingga dengan seenaknya mengotak-atik dan memindah berkas kita seenaknya. Sangat tidak menyenangkan jika komputer atau laptop yang sudah kita jaga sedemikian rupa kerapihan berkas yang ada didalamnya, menjadi berantakan dan tidak teratur. Untuk mencegah orang lain mengakses berkas-berkas yang ada dalam komputer atau laptop kita bisa digunakan fitur Bitlocker yang ada dalam Windows Vista, 7 dan 8.

Mengenal Bitlocker

Bitlocker atau lebih dikenal dengan nama Bitlocker Drive Encryption adalah sebuah fasilitas enkripsi yang adalah fasilitas bawaan dari OS Windows. Tidak semua tipe Windows memiliki fasilitas Bitlocker ini, hanya beberapa dari tipe Windows tertentu yang menyertakan fasilitas tersebut seperti Windows 7 dan 8, Windows Vista dan Windows Server 2008. Fungsi sebenarnya dari Bitlocker ini adalah untuk melakukan perlindungan data dengan melakukan enkripsi pada semua volume/ partisi komputer atau laptop kita.

Volume yang dimaksud disini adalah berupa hard drive itu sendiri, partisi atau bisa juga lebih dari satu buah hard drive. Bitlocker biasanya digunakan dalam rangka melakukan enkripsi pada hard drive atau parrtisi dari komputer atau laptop kita. Berdasarkan pengakuan Microsoft, Bitlocker yang dikeluarkan oleh mereka ini tidak mengandung pintu belakang sehingga tidak akan ada jalan bagi siapapun untuk melakukan akses data pengguna yang telah disimpan dalam partisi yang telah dilindungi menggunakan Bitlocker. Selain untuk melindungi data dalam partisi laptop atau komputer milik kita, Bitlocker ini dapat juga difungsikan untuk melakukan enkripsi pada Flashdisk atau drive bergerak kita.

Menggunakan Bitlocker

Aplikasi Bitlocker adalah aplikasi bawaan Windows. Sehingga kita tidak perlu bingung untuk melakukan instalasi karena dia akan terpasang secara otomatis bersamaan dengan pemasangan Windows ke dalam laptop atau komputer kita. Cara penggunaanya Bitlocker juga cukup mudah dan sama sekali jauh dari rumit. Sayangnya jarang para pengguna komputer atau laptop mengenal aplikasi ini. Bahkan mereka cenderung mencari aplikasi lain untuk melindungi kerahasiaan data pribadi mereka dalam komputer atau laptopnya.

Cara menghidupkan Bitlocker cukup dengan pergi ke Control Panel dan pilihlah Bitlocker. Pilih menu Manage Bitlocker kemudian pilih partisi mana yang ingin kita hidupkan Bitlockernya. Lalu pilih Password to Unlock the Drive dan masukkan password yang paling kita ingat. Lakukan backup password dengan mengirimkannya pada file, kemudian pilih Encrypt Use Disk Space Only. Tunggu proses enkripsi selesai kemudian restart komputer atau laptop. Selanjutnya Bitlocker sudah dihidupkan pada partisi yang telah kita pilih tadi. Berkas kita akan aman dari tangan jahil.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini