Air Wudhu, Air Suci Nan Menyehatkan

Air Wudhu, Air SUci nan Menyehatkan

oleh : Portal Bisnis Bersama



Wudhu merupakan syarat utama dimulainya ibadah dalam islam, bahkan umat islam dianjurkan untuk selalu memiliki wudlu baik dalam rutinitas ibadah maupun rutinitas biasa. betapa pentingnya posisi wudlu hingga dapat dibayangkan bahwa wudlu adalah pintu dari sholat, membaca kitab suci al-Quran dan thowaf. Adakah keistimewaan yang ada dalam wudlu hingga islam mewajibkan tiap umatnya melakukan hal tersebut???

Berwudlu = Suci = Bersih = Sehat

Wudhu adalah sebuah kegiatan membersihkan dan mensucikan diri dengan air mulai dari membasuh bagian atas tubuh manusia hingga bawahnya. Bagi beberapa orang (khususnya yang belum faham agama islam) menganggap wudhu adalah hal sepele dan memberatkan karena dianggap merepotkan ketika sedang berpakaian karena harus melepas alas kaki, kaos kaki, harus basah-basahan dulu. Namun, tahukah mereka rahasia dibalik hal yang sepele itu? Taukah akan manfaatnya? Jika diteliti dan difikirkan secara rasional maka dapat ditarik kesimpulan bahwa wudhu akan membersihkan diri dari kuman-kuman yang tidak disadari, akan mengembalikan semangat beraktifitas seiring hilangnya rasa malas dan mengantuk oleh basuhan air wudhu.

Rasulullah SAW menganjurkan berwudhu dahulu sebelum tidur 16 abad silam, dan baru di abad 19 ini terdengar bahwa pakar dokter seluruh dunia menganjurkan membasuh tangan dan kaki sebelum tidur (tahunya dari lagu anak-anak...hehe). hal ini dapat diartikan bahwa Rasulullah telah mengetahui manfaat dari wudhu sebelum tidur sebelum menganjurkan pada umatnya. Bersuci atau berwudhu sebelum tidur mempunyai manfaat yang sangat besar. Apakah seseorang tahu atau bisa merasakan apa yang terjadi pada tubuhnya ketika dia tidur? Apakah dia tahu bila tiba-tiba dia bermimpi sedang makan es krim padahal dia sedang menikmati jari-jarinya? Apakah dia bisa merasakan gerakan tangan dan kakinya? Dan bagaimanakah jika pada tangan dan kakinya masih terdapat kuman atau bakteri yang masih menempel? Yupz... masuk akal...tapi bukankah cukup dengan basuh tangan dan basuh kaki? Mengapa harus berwudhu? Benar sekali...lihatlah betapa detailnya islam memperhatikan kesehatan umatnya, ketika berwudhu seseorang akan membasuh muka, tangan, sebagian rambut, tangan, telinga, dan kakinya. Apakah kamu pernah mencoba berwudhu dalam 1 bulan saja sebelum tidur? Perhatikan perbedaan pada wajah kamu. Karena dengan berwudhu sebelum tidur akan menjadikan tidur lebih aman dan steril dari kuman-kuman yang menempel dalam tubuh. Posisi wajah, tangan, kaki, telinga, dan rambut merupakan anggota tubuh yang bersentuhan langsung dengan lingkungan luar tubuh sehingga sebelum tidur perlu dibersihkan dulu.

Manfaat Nyata Wudhu

  1. Merilekskan otot-otot sebelum beristirahat. Karena dengan percikan air otot-otot yang tegang bisa kembeli rileks dan akan membuat fikiran menjadi lebih tenang dan hati lebih tenteram.
  2. Mencerahkan wajah, karena dengan berwudhu akan cepat menghilangkan noda-noda yang menempel pada wajah. Apalagi dalam sehari dalam islam diwajibkan untuk lima kali membasuh wajah dalam berwudhu.
  3. Mendapat pahala, karena setiap kegiatan yang dilakukan dalam keadaan berwudhu atau suci akan dihitung sebagai ibdah. Bahkan tidur dalam keadaan suci adalah ibadah.


So.. tunggu apalagi? Ayo berwudhu...selain mensucikan bisa mnyehatkan pula...dapat sehat dapat pahala. .

Baca Juga : Menyeramkan! Kotak Makan Sarang Bakteri

Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini