Jangan Rusak Liburan Anda Dengan Mabuk di Perjalanan!

Jangan Rusak Liburan Anda dengan Mabuk di Perjalanan

oleh : Portal Bisnis Bersama



Liburan adalah hal yang sangat menyenangkan dan selalu ditunggu oleh setiap anggota keluarga. Saat beribur, satu yang tidak bisa kita hindari yaitu menempuh perjalanan. Perjalanan yang ditempuh bisa dekat bisa juga jauh bahkan memakan waktu berhari-hari. Meski kita berangkat dengan hati yang bahagia, badan fit dan fikiran segar, tetap saja ada kemungkinan kita akan mengalami mabuk perjalanan apa lagi jika hal tersebut sudah menjadi sebuah rutinitas ketika seseorang melakukan perjalanan dengan kendaraan tertentu.

Karena mabuk perjalanan, banyak masyarakat enggan bepergian jauh dengan menggunakan transportasi umum dan lebih memilih menggunakan motor atau kendaraan pribadi. Padahal untuk mencegah kemacetan dan jaminan keamanan selama perjalanan disarankan untuk menggunakan tranportasi umum. Untuk itu, yang perlu dilakukan disini bukanlah menghindari transportasi umum dan perjalan jauh, tetapi mencegah terjadinya mabuk perjalanan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya mabuk perjalanan dan mengatasinya jika benar-benar telah terjadi mabuk perjalanan. Tetapi sebelum itu, ada baiknya jika kita mempelajari dulu penyebab terjadinya mabuk perjalanan agar kita dapat menghindari hal-hal yang menyebabkan mabuk perjalanan.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan adalah terjadinya ketidak seimbangan dalam tubuh dan terjadinya inkordinasi beberapa syaraf di otak yang menyebabkan terstimulasinya pusat muntah untuk mengeluarkan sebagian isi perut kita. Bisa juga dikarenakan adanya bau tajam dan menyengat yang secara otomatis juga merangsang pusat muntah di otak. Tak hanya itu, beberapa kegiatan yang dilakukan didalam kendaraan yang sedang melaju juga menjadi faktor penyebab mabuk perjalanan seperti membaca, bermain gadget, merokok dan duduk dalam posisi yang tidak tepat. Ketegangan yang terjadi selama perjalanan akan mengganngu kerja otak yang tengan bekerja keras menyeimbangkan kerja syaraf ketika kita dalam perjalanan. Setelah kita sama-sama mengetahui beberapa penyebab mabuk kendaraan, selanjutnya adalah membahas hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah mabuk kendaraan dan cara mengatasinya jika mabuk kendaraan terlanjur terjadi

Mencegah Mabuk Kendaraan Dan Cara Mengatasinya

Cara pertama untuk mencegah terjadinya mabuk kendaraan adalah dengan menenangkan diri kita dan mempersiapkan kondisi tubuh sebelum melakukan perjalanan. Pertama jangan lupa mengisi perut secukupnya sebelum Anda melakukan perjalanan. Jangan terlalu berlebihan dan jangan pula membiarkan perut Anda kosong karena dapat meningkatkan asam lambung dan menstimulasi reflek muntah. Setelah mengisi perut, Anda dapat menkonsumsi obat pencegah mabuk perjalanan yang banyak tersedia di toko-toko terdekat.

Setelah Anda memasuki kendaraan, pilihlah lokasi tempat duduk yang memiliki pergerakan paling minimal misalnya di jok paling depan atau di barisan belakang pak sopir. Dengan meminimalisir pergerakan yang dapat mengganggu organ keseimbangan Anda akan mencegah terjadinya inkordinasi pada otak. Tak lupa, posisikan tubuh Anda dalam posisi duduk yang nyaman, bersandar dan kepala dapat diletakan dengan nyaman.

Anda dapat melakukan sistem pengalihan dengan mendengarkan musik, mengkonsumsi permen jahe atau permen mint dan mengkonsumsi buah-buah segar agar nutrisi tubuh Anda terpenuhi dan menekan rangsangan muntah.

Jika Anda tetap mengalami mabuk perjalanan, segera muntahkan dan jangan ditahan. Setelahnya, minum air hangat dan manis untuk mengembalikan energi Anda. jangan lupa tetap berfikif positif agar sugesti Anda selama perjalanan juga positif.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini