Menyeramkan! Kotak Makan Termasuk Sarang Bakteri

Menyeramkan !! Kotak Makanan Termasuk Sarang Bakteri

oleh : Portal Bisnis Bersama



Makan adalah salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi dan tidak dapat dihindari. Untuk itu banyak yang berfikiran kritis tentang makanan. Mulai dari kebersihan bahan yang digunakan, cara memasaka, kebersihan selama memasak hingga saat kita menghidangkan makanan tersebut. Untuk meminimalisir masuknya makanan yang tidak higienis banyak ibu rumah tangga yang memilih membawakan bekal makan kepada anak dan suami menggunakan kotak makan. Dengan percaya diri si ibu memasukan makanan yang sejatinya memang bersih kedalam kotak makan. Tetapi tak khawatirkah Anda pada kotak makan tersebut? seberapa bersihnya? Dan adanya kemungkinan perkembangan bakteri selama makanan ada di kotak tertutup itu?

Ya, perlu lebih diperhatikan, kotak makan bisa menjadi ancaman tersendiri yang tak disadi oleh para ibu. Terutama pada anak-anak. Anak-anak memiliki sistem pencernaan yang belum kuat dan masih sangat sensisitif, sedikit saja kemasukan bakteri pasti langsung menimbulkan gejala-gejala yang mengganggu. Kotak makan memang tampak bersih, tetapi apakah selamanya akan bersih? Penggunaan yang berulang-ulang biasanya membuat sudut-sudut kotak makan terakumulasi oleh kotoran yang tidak dapat dibersihkan dan biasanya disepelekan. Belum lagi jika makanan tidak habis dan tidak langsung dibersihkan terkadang karena lupa atau kesibukan, makanan yang basi dan berada pada ruang tertutup menyebabkan kotak makan tak lagi sehat.

Gangguan Kesehatan Akibat Kotak Makan Tak Lagi Bersih

Berbagai gangguan kesehatan karena kotak makan yang tidak bersih pada dasarnya disebabkan oleh bakteri hidup yang terkumpul pada dinding dan sudut-sudut kotak makan. Ada beberapa bakteri yang ada tetapi yang paling sering menyebabkan masalah kesehatan adalahE.colli. bakteri tersebut akan menginfeksi saluran pencernaan sehinggga menimbulkan gejala seperti diare, mual muntah hingga cacingan. Bila didiamkan tak menutup kemungkinan akan menuju ke gejala typhoid atau tipes hingga infeksi saluran pencernaan. Untuk mencegah itu semua, kita harus memastikan bahwa kotak makan memiliki kualitas kebersihan yang sama dengan makanan yang akan kita letakkan didalamnya.

Cara Mencegah Penumpukan Bakteri Pada Kotak Makan

Biasanya para ibu memilih kotak makan karena praktis digunakan, begitu juga dengan pembersihannya. Cukup di sabun dan dibilas kemudian dapat dipakai lagi. Ternyata tak semudah itu kita dapat menjaga kebersihan kotak makan. Seperti yang saya bahas di paragraf ke dua, biasanya ada akumulasi kotoran di sudut-sudut makanan  yang disepelakan yang sebenarnya sangat membahayakan. Untuk itu, ada baiknya kita memperlakukan kotak makan layaknya botol bayi. Setelah Anda membuang sisa makanan, bilas dan rendam atau rebus dengan air hangat selama 5-10 menit. Selanjutnya gosok dengan sabun antilemak dan jangan lupa sikat ujung-ujungnya dengan sikat. Keringkan dan gunakan ketika kotak makan sudah benar-benar kering.

Yang terakhir, ketika Anda memasukkan makanan, tutuplah kotak makan setelah makanan didalamnya benar-benar dingin. Air yang mengembun didalam kotak makan akan menetes pada makanan dan dapat menjadi sarang bakteri. Serta hal terakhir yang tidak boleh Anda lakukan adalah mendiamkan makanan sisa pada kotak makan lebih dai 24 jam. Selain aroma menusuk yang akan mempengaruhi aroma kotak makan juga dapat memicu perkembangan bakteri.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini