Cara Cepat Mengubah Ukuran PDF

Cara Cepat Mengubah Ukuran File PDF

oleh : Portal Bisnis Bersama



Berkas dengan Format PDF

Pengiriman informasi yang serba canggih membuat permintaan data pun kian beragam. Bagi pengguna internet sejati, tentu sangat mengenal berkas dengan format PDF. Bekerja dengan berkas yang menggunakan format PDF adalah hal yang tidak bisa dielakkan bagi seseorang yang bekerja sekarang ini. Kendala mulai muncul saat menghadapi ukuran berkas PDF yang bisa jadi justru lebih besar dari berkas asli namun dengan format lainnya.

Biasanya berkas dengan format PDF tidak serta merta dibuat dalam aplikasi PDF. Berkas dengan format PDF biasanya merupakan hasil konversi dari berkas dengan format lainnya. Kemungkinan besar karena pengaruh konversi inilah yang membuat berkas PDF menjadi lebih besar ukurannya ketimbang berkas aslinya.

Namun kendala ini tentu bukanlah halangan untuk bekerja dengan format PDF karena pada dasarnya format PDF ini menyimpan keistimewaan sehingga dia layak digunakan. Ukuran berkas PDF yang sangat besar dapat kita atasi dengan cara melakukan kompresi sehingga ukuran yang besar tersebut akan dikurangi atau berkurang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kompresi berkas PDF. Namun cara paling populer yang dilakukan orang-orang untuk mengurangi ukuran berkas PDF adalah cara offline dan online.

Meredusi Ukuran Berkas PDF

Cara offline biasa dilakukan tanpa bantuan koneksi internet. Kompresi offline biasanya dilakukan oleh aplikasi atau software tertentu yang menyediakan fasilitas kompresi PDF. Kelebihan cara ini adalah kita tidak memerlukan koneksi internet yang bagus dan stabil untuk mengurangi ukuran PDF. Kita cukup memasang aplikasinya ke dalam komputer atau laptop kita kemudia kita tunggu hasil kompresinya. Hanya saja tidak mudah menemukan aplikasi gratis yang mampu melakukan kompresi berkas PDF. Cara kompresi berkas PDF secara online membutuhkan koneksi internet yang bagus dan stabil. Kelebihannya cara ini adalah kita tidak memerlukan pasang aplikasi dalam laptop cukup melakukan kompresi online dan menunggu berkasi hasil kompresinya.

Ada beberapa situs online yang khusus menyediakan fasilitas kompresi berkas PDF. Situs ini adalah situs terpercaya yang mampu melakukan kompresi berkas PDF dengan gratis dan mudah. Situs yang menyediakan fasilitas kompresi berkas PDF adalah smallpdf.com. Disini kita bisa melakukan kompresi berkasi PDF online dengan mudah. Cukup dengan mengunggah berkas PDF kita, tunggu proses pengunggahan sampai 100% dan muncul halaman untuk mendownload berkas hasil kompresi. Selain situs tersebut adalagi situs kompresi PDF yang sangat mumpuni dalam melakukan kompresi yaitu compress-pdf.co.uk. Situs ini memiliki kemampuan kompresi yang sangat tinggi. Berkas PDF dengan ukuran 6000 KB dapat dikompresi menjadi 200 KB. Yang kita lakukan hanyalah mengunggah berkas PDF kita pada situs tersebut lalu menunggu proses kompresinya dan berkas hasil kompresi akan muncul dalam folder keluaran yang dibuat oleh situs tersebut.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini