6 Cara Efektif Untuk Belajar

Tentu kita semua pernah mengalami yang namanya belajar. Baik belajar di sekolah, belajar sendiri di rumah, bahkan ketika masih kecil pun kita belajar, belajar bicara, berjalan, dan lainnya. Tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah cara belajar efektif untuk pelajaran yang diajarkan disekolah. Terkadang banyak yang mengeluh bahwa suatu pelajaran itu susah, seperti matematika, fisika, kimia, ekonomi dan berbagai pelajaran lainnya. Pada dasarnya, tidak ada pelajaran yang susah, karena susahnya suatu pelajaran itu tergantung dengan cara yang kita gunakan untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, kami akan sedikit membagikan cara yang efektif untuk belajar, setelah sebelumnya kami membagikan tentang 7 sifat wanita yang diimpikan pria.

     1. Pagi Hari

Ada saat dimana sangat baik untuk anda gunakan menghafal sesuatu, kenapa demikian? Karena ketika itu pikiran anda masih segar, sehingga apa pun yang anda pelajari akan mudah meresap kedalam pikiran anda. Kapankah waktu itu? Waktu itu adalah pagi hari ketika mendekati waktu subuh sampai sekitaran sejam kedepan. Oleh karenanya, sebelum melakukan shalat subuh, gunakan waktu anda untuk menghafal atau mempelajari sesuatu yang menurut anda sangat sulit.

7 Cara Efektif Untuk Belajar     2. Pokok, bukan Keseluruhan

Untuk dapat belajar dengan baik, disarankan untuk tidak mencatat semua yang diterangkan oleh orang yang mendidik anda. Kenapa demikian? Ketika anda mencatat semua yang disampaikan, anda menjadi tidak fokus. Jadi bagaimana juga? Catatlah pokok atau kesimpulan dari hal yang diajarkan tersebut. Seperti ada sebuah ilmu yang mengajarkan untuk mengambil kesimpulan yang berupa beberapa lembar halaman dari buku novel yang memiliki halaman ratusan. Anda tahu apa yang menarik dari kesimpulan yang telah di tulis tersebut? Jika pada suatu hari orang tersebut ditanyakan tentang cerita lengkap dari novel tersebut dengan hanya kesimpulan pendek itu sebagai pegangan, anda tahu apa yang terjadi? Orang tersebut bisa menceritakan seluruh isi novel dari beberapa halaman catatan itu saja. Bahkan itu bisa diceritakan setelah bertahun - tahun kemudian.

Oleh karenanya, ada baiknya jangan mencatat seluruh hal yang disampaikan, tapi catatlah kesimpulan yang menjelaskan seluruh pelajaran tersebut.

     3. Kembangkan Materi

Ketika anda sudah mempelajari sesuatu dan mengerjakan semua soal maupun latihan yang diberikan, jangan langsung merasa bahwa anda sudah cukup mempelajari hal tersebut. Tapi berpikirlah ke depan dan lebih jauh, bagaimana caranya? Kembangkan materi yang anda pelajari tersebut. Buatlah pertanyaan dan latihan lain yang berhubungan dengan materi yang anda pelajari. Jika anda kemudian tidak bisa menjawabnya, carilah jawaban melalui internet atau bertanya pada guru. Karena dengan anda mengembangkan materi tersebut, artinya anda akan mengerti lebih jauh tentang hal tersebut.

     4. Satu Langkah di Depan

Untuk bisa lebih memahami materi yang di ajarkan, anda harus satu langkah di depan. Apa maksudnya? Jika guru anda hari ini mengajarkan bab I, maka malamnya anda bacalah materi bab I dan bab II. Maka ketika dijelaskan oleh guru, anda telah memiliki bayangan tentang materi tersebut, sehingga akan lebih mudah untuk mengerti. Ketika guru anda mengajarkan bab II, malamnya anda hanya harus membaca bab III, karena anda telah membaca bab II sebelumnya dan telah memiliki bayangan untuk materi tersebut. Begitu pula ketika di ajarkan bab III, malamnya anda pelajari bab IV, dan begitu seterusnya.

     5. Kata Unik

Untuk mudah mempelajari hal yang harus anda hafal, ada baiknya anda membuat sebuah kata kunci yang bersifat unik, sehingga anda mudah untuk mengingatnya. Seperti untuk urutan pembuatan daftar pustaka, anda dapat membuat kata unik seperti MATABUTEBIT. yaitu nama penerbit, tahun terbit, nama buku, tempat terbit dan penerbit.

     6. Pahami, Bukan Hafal

Terkadang hal yang sering salah kita lakukan dalam belajar adalah kita sering menghafal materi, bukan memahaminya. Memang dengan menghafal anda tahu tentang materi tersebut, tetapi jika anda hanya menghafal tanpa memahaminya, maka anda hanya bisa menjawab pertanyaan yang jawabannya jelas di buku, tetapi ketika pertanyaan itu membutuhkan jawaban dari pemahaman anda, maka anda akan mengalami kesulitan. Oleh karenanya, lebih baik memahami dari pada menghafal pelajaran.

Itulah 6 cara efektif untuk belajar yang dapat anda terapkan dalam kehidupan anda mulai sekarang. Mungkin banyak cara lainnya untuk belajar, tetapi itu adalah cara yang menurut kami sangat efektif dan telah menunjukkan hasil ketika kami terapkan.

Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini