5 Cara Cerdas Kelola Laba Bisnis

oleh : Portal Bisnis bersama



Cerdas Mengelola Laba
Laba merupakan salah satu tujuan yang ingin diraih dalam menjalankan bisnis. Siapa yang tidak ingin atau tidak tergiur mendapat untung besar dari bisnis yang dijalankan? Jelas semua pelaku bisnis ingin dan senang bila bisnisnya membuahkan laba besar. Sebagian besar pelaku bisnis bahkan menuliskan laba besar sebagai tujuan akhir dan tujuan utama yang ingin dicapai. Meski mendapat laba besar, sebagai pelaku usaha sudah pasti Anda harus tetap bijak dalam mengelola laba tersebut. 

Tidak sedikit pelaku bisnis yang kurang tepat membelanjakan laba hingga menyebabkan perkembangan bisnis menjadi tersendat. Tidak sedikit pula yang malah gulung tikar karena kesalahan pengelolaan laba. Namun, kemungkinan buruk tersebut tentu tidak perlu ditakuti bila Anda memahami cara cerdas mengelola laba bisnis. 

Berikut diberikan 5 cara cerdas kelola laba bisnis yang perlu Anda ketahui:

1.   Alokasikan Modal Berputar
Tips yang pertama alokasikan laba bisnis sebagai modal berputar. Tepatnya dari total 100% laba yang Anda peroleh, penting untuk menggunakan 60% laba sebagai modal berputar. Modal berputar yang dimaksud juga meliputi dana untuk operasional bisnis yang dijalankan misal untuk stok persediaan barang dan pembiayaan proses produksi.

2.   Investasi dan Dana Cadangan
Sebesar 20% dari laba bisnis yang selanjutnya sebaiknya digunakan untuk investasi dan dana cadangan. Investasi dan dana cadangan ini dapat Anda ambil bila sewaktu-waktu memang dibutuhkan dana mendesak untuk biaya operasional bisnis. Dengan demikian investasi dan dana cadangan bisa dibilang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan jangka menengah dan jangka panjang.

3.   Dana Pengembangan Bisnis
Gunakan 10% laba bisnis selanjutnya untuk dana pengembangan bisnis. Dana pengembangan bisnis ini meliputi dana SDM, infrastruktur, teknologi, dan lainnya. Anda bisa juga menggunakan laba ini untuk membuka cabang usaha yang cukup menjanjikan. Cabang usaha yang dibuka bisa sejenis atau pun usaha baru yang juga tidak kalah menjanjikan laba besar.

4.   Penghargaan Pribadi
Kerja keras Anda dalam menjalankan bisnis tentunya perlu mendapat penghargaan. Oleh karena itu, alokasikan 10% laba bisnis untuk penghargaan pribadi. Anda berhak menggunakannya untuk kebutuhan pribadi dan keluarga.

5.   Jangan Lupa Sumbangan Sosial
Mendapat laba bisnis besar memang menyenangkan, tetapi jangan lupa untuk menyisihkan sebagai sumbangan sosial. Anda bisa memberikan sebagian laba bisnis untuk dana sosial dan infaq guna menunjukkan rasa empati dan peduli dengan lingkungan sekitar.

Itulah 5 cara cerdas mengelola laba bisnis yang perlu diketahui. Dengan memberi pembagian persentase laba bisnis secara tepat semoga laba Anda dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Bisnis tetap lancar, kebutuhan pribadi tetap terpenuhi, dan tetap bermanfaat dengan berbagi kepada masyarakat di sekitar. Sekian info kali ini dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Rahasia Sukses Budidaya Kroto Dengan Menggunakan Media Toples

Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini