4 Trik Jitu Para Pengusaha Cina dalam Berbisnis

Pernahkah Anda berpikir bahwa orang cina atau tiongkok sangat hebat dalam berbisnis? Hampir semua pengusaha di Indonesia ataupun di dunia didominasi oleh para pengusaha Cina. Tak pelak jika para pengusaha cina dianggap sebagai orang bertangan dingin. Rata-rata para pengusaha Cina selalu sukses dalam menjalankan bisnisnya. Inilah beberapa trik jitu para pengusaha Cina saat menjalankan bisnisnya.

Belajar Dari Awal



4 Trik Jitu Para Pengusaha Cina dalam Berbisnis

Ada banyak pengusaha Tiongkok yang selalu melibatkan anak cucu mereka sejak dini ketika mereka menjalankan bisnis tersebut. Hal ini berlaku untuk berbagai usaha dan bisnis baik besar ataupun kecil. Apabila sang ayah memiliki usaha gula batu, maka anak-anak bertugas sebagai penjual gula batu tersebut di berbagai swalayan ataupun pasar. Dengan keterlibatan anak sejak kecil, maka mereka akan belajar dan memahami segala sesuatu tentang bisnis tersebut sehingga mampu menjalankannya dengan baik dan lancar.


Teliti dan Sederhana

Sudah menjadi rahasia umum apabila orang Cina itu irit dan teliti. Sifat irit tersebut sebenarnya sangat membantu dalam kegiatan bisnis. Bagi pengusaha Cina hidup sederhana dan irit sangat diperlukan sebelum bisnis mereka sukses dan maju. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan meminimalisir pengeluaran misalnya mengalokasikan 20-25 persen pendapatan mereka untuk biaya hidup. Jadi, bisa dipastikan bahwa mereka akan hidup sederhana saja. Sisa pendapatan mereka akan digunakan untuk menjalankan bisnis atau ditabung. Sementara itu, sifat baik pengusaha Cina adalah teliti dalam melakukan pembukuan dan administrasi sehingga jarang sekali kekurangan stok barang ataupun perbedaan jumlah debet dan kredit di pembukuan keuangan.

Berusaha Keras

Para pengusaha asal Tiongkok selalu mempunyai keyakinan dan berani mengambil resiko saat menjalankan bisnis. Apabila mereka gagal dalam berbisnis, maka mereka akan berusaha lagi dan lagi sampai berhasil. Kegagalan yang dihadapi oleh para pengusaha akan membuat mereka semakin rajin untuk belajar dan bertanya kepada semua orang yang sukses menjalankan bisnis mereka. Dengan usaha dan keyakinan keras, tak jarang para pengusaha tersebut sangat sukses dalam berbisnis.

Memberikan yang Terbaik Untuk Pelanggan

Pelayanan terbaik adalah pedoman para pengusaha Cina. Dengan pelayanan ramah dan baik, para pengusaha tersebut yakin bahwa mereka akan mendapatkan banyak pelanggan. Apabila mereka bergelut di bidang kuliner, maka pengusaha Cina tersebut akan memilih bahan-bahan makanan berkualitas bagus. Selain itu, mereka juga akan menguji rasanya. Jangan sampai para pelanggan kecewa dengan makanan tersebut. Para pengusaha Tiongkok juga sangat cerdas dalam menjalin hubungan dengan pelanggan misalnya dengan memberikan hadiah ataupun diskon. Hal ini tentu saja menjadi nilai tambah bagi para pelanggan untuk tetap menjadi pelanggan setia. Para pengusaha tersebut akan selalu memberikan kesan dan pesan terbaik untuk para pelanggan. Ini bertujuan untuk menjaga kesetiaan pelanggan terhadap usaha yang dijalankan oleh pengusaha Cina tersebut.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini