4 Kabupaten di Jatim Diprediksi Terdampak Erupsi Gunung Raung

Surabaya - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Sudarmawan mengatakan bahwa akan ada 4 kabupaten di Jatim yang diprediksi terdampak jika ada aktivitas erupsi Gunung Raung.

Dia menegaskan bahwa status gunung dengan ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (MDPL) yang berada di Kabupaten Bondowoso ini meningkat dari Waspada ke Siaga.

"Beberapa wilayah yang terdampak jika Gunung Raung erupsi adalah Kabupaten Banyuwangi ada 5 kecamatan 18 desa. Kabupaten Bondowoso 2 kecamatan 4 desa. Kemudian Kabupaten Jember 1 kecamatan 3 desa," kata Sudarmawan, Senin 29 Juni 2015.

Dia menambahkan, untuk Kabupaten Banyuwangi terdapat 115.878 jiwa yang terancam. Kabupaten Bondowoso sebanyak 1.836 jiwa. Dan Kabupaten Jember sebanyak 21.668 jiwa. 

"Total penduduk 139.382 jiwa yang masuk dalam kontigensi plan. Dan kami telah menyiapkan 33 titik jalur evakuasi atau shelter beberapa desa yang terdampak," imbuh dia.

Sudarmawan juga mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Raung untuk tetap tenang dan tidak mendengarkan isu-isu terkait letusan gunung itu. Masyarakat diminta hanya mendengarkan informasi resmi. 

Saat ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) selalu berkoordinasi dengan Pemprov Jatim (BPBD) dan Pemkab Banyuwangi, Bondowoso dan Jember (BPBD kabupaten) tentang aktivitas Gunung Raung.

"Pemda senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Raung di Kampung Manggaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songon, Kabupaten Banyuwangi atau dengan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi di Bandung," pungkas dia.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini