3 Prinsip Bisnis yang Tidak Boleh Dilupakan Pelaku Bisnis

oleh : Portal Bisnis bersama



Prinsip Bisnis

Tahukah Anda dalam menjalankan bisnis juga ada sejumlah prinsip dasar yang harus dimiliki pelaku bisnis guna mencapai tujuan dan dapat dijadikan pedoman. Sistem bisnis secara intinya dapat digambarkan sebagai kegiatan menjual dan membeli. Anda dapat menjual barang produksi sendiri atau reseller dari tangan pertama atau tangan kedua. Proses menjual dan membeli ini pun sepintas terlihat cukup mudah. Akan tetapi, pada kenyataannya proses menjual dan membeli bukan pekara mudah. Bila sebagai pelaku bisnis Anda tidak telaten dan teliti kemungkinan bisnis bangkrut selalu ada. Bukan berniat menakuti, tetapi pelaku bisnis mengalami bangkrut karena melupakan 3 prinsip bisnis mencapai sukses. Lantas apa saja 3 prinsip bisnis tersebut?

prinsip bisnis1.   Prinsip Perputaran dan Keuntungan
Perputaran meliputi jumlah uang yang masuk dan barang yang terjual setiap hari. Perputaran bisa pula diartikan sebagai omset dalam satu periode tertentu. Sementara keuntungan adalah selisih dari harga jual dengan harga beli. Semakin besar selisih keduanya, maka semakin besar pula keuntungan yang diperoleh. Adapun dalam bisnis berlaku hukum bila perputaran berlangsung cepat akan semakin tipis keuntungannya dan semakin besar keuntungan akan semakin pelan perputarannya. Satu hal yang ingin ditekankan dalam hukum tersebut adalah apapun bisnis yang dijalankan pastikan produk laku keras dan memberi laba besar. Barang kebutuhan primer biasanya menjadi produk yang cepat laku keras, sementara barang kebutuhan sekunder dan tersier termasuk yang memberi untung besar.

2. Prinsip Fokus dengan Masa Depan
Prinsip selanjutnya memiliki patokan pada masa depan. Hal ini berkaitan dengan kemungkinan adanya perubahan pada pasar dan siapa pemimpin pasar. Anda harus jeli melihat ke masa depan. Apapun jenis bisnis Anda pastikan ada visi dan misi. Jadi bukan sekedar ikut-ikutan membuka bisnis. Jenis bisnis yang dijalankan sebaiknya yang dikuasai dan disenangi, sehingga Anda senantiasa bergairah menjalankan dan mengembangkan bisnis.

3.   Prinsip Rejeki Berasal dari Tuhan
Prinsip ketiga yang juga sering dilupakan para pelaku bisnis adalah rejeki berasal dari Tuhan. Perlu disadari sebenarnya tidak ada produk yang tidak memiliki pembeli. Setiap jenis produk jelas ada peminatnya. Hanya saja Anda harus berusaha keras dengan kemampuan yang dimiliki dan menyerahkan hasilnya kepada Tuhan. Yakin bahwa ada yang membutuhkan produk dan jasa Anda. Oleh karena itu, berikan selalu hasil yang terbaik bagi setiap pelanggan Anda. Dengan memberi pelayanan terbaik pastinya pelanggan akan senang dan turut menarik minat pelanggan yang lain.

Demikianlah 3 prinsip bisnis yang sekarang ini mulai dilupakan para pelaku bisnis. Selain perlu menerapkan ketiga prinsip di atas, masih ada pula 2 poin yang tidak boleh terlupa. Poin yang pertama jangan terburu-buru dalam menjalankan bisnis. Pastikan benar bisnis Anda berlangsung lancar, aman, dengan pergerakan progres menjanjikan. Poin kedua jangan mudah menyerah sebelum berusaha hingga titik penghabisan.Tidak sedikit pelaku bisnis yang ingin cara yang mudah dan tidak ingin repot. 


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini