Makanan Ini Baik Untuk Jaga Kesehatan Ginjal

Menjaga Kesehatan Ginjal


Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting. Fungsi ginjal tidak lain adalah untuk menyaring cairan agar terbebas dari kotoran yang masuk dalam tubuh. Apabila fungsi ginjal ini terganggu, maka sejumlah kinerja dalam tubuh juga akan terganggu. Terganggunya fungsi ginjal diketahui dapat menyebabkan sejumlah gangguan pada kesehatan tubuh. Beberapa gangguan yang biasa muncul yaitu bengkak di area mata, bengkak pada kaki, gangguan buang air kecil, penyakit batu ginjal, dan gagal ginjal. Gagal ginjal pun menjadi satu gangguan yang cukup membahayakan. Adapun kesehatan ginjal sebetulnya dapat dijaga dengan cara mengonsumsi makanan sehat yang tepat. Inilah beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk jaga kesehatan ginjal:

·       Putih Telur

Makanan sehat yang pertama yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal adalah putih telur. Di dalam putih telur banyak terkandung fosfor yang dapat membantu menjaga fungsi ginjal tetap berjalan normal. Namun, perlu diingat bahwa bagi Anda yang mengalami gangguan ginjal harap menghindari kuning telur karena bagian ini memiliki efek yang berlawanan dengan putih telur.

·       Ikan

Ikan kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Kandungan ini bermanfaat meminimalisir munculnya sejumlah gangguan pada ginjal dan juga memiliki sifat anti inflamasi.

·       Kubis

Sayuran kubis diketahui kaya akan phytochemical. Zat ini adalah musuh bagi radikal bebas. Zat ini akan bekerja mengusir radikal bebas sehingga meringankan tugas organ ginjal.

·       Kembang Kol

Kembang kol adalah musuh setiap racun dalam tubuh. Hal ini karena di dalam kembang kol terkandung tiosianat, glucosinotales, dan indoles. Setiap zat tersebut memiliki peran penting dalam pembuangan limbah yang bersifat racun di dalam tubuh.

·       Paprika

Makanan sehat terakhir yang baik pula untuk kesehatan ginjal adalah paprika. Sebagian orang memang didapati menghindari paprika karena rasanya yang sedikit pedas. Akan tetapi, siapa sangka paprika ternyata berkhasiat baik untuk ginjal. Paprika mampu memecah kotoran yang terdapat dalam darah sehingga akan meringankan tugas ginjal. Agar lebih nikmat Anda dapat mengolah paprika dengan cara direbus, dipanggang, atau bila mau bisa juga dikonsums mentah-mentah.

Selain mengonsumsi sejumlah makanan sehat di atas, Anda juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi jus segar. Minuman jus memiliki manfaat besar menjaga kesehatan ginjal dengan cara membuang timbunan racun yang ada. Agar hasilnya lebih optimal jangan lupa pula untuk mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara rutin. Lakukan olahraga rutin paling tidak 3 kali dalam satu minggu. Menjaga kesehatan ginjal pastinya lebih mudah daripada harus mengobati. Jadi sudahkah Anda mengonsumsi makanan sehat hari ini untuk menjaga kesehatan ginjal? Sekian dan semoga informasi yang diberikan kali ini dapat berguna bagi Anda.


Share on Google Plus

About nanda fr

Selamat datang di Portal Bisnis Bersama Temukan berbagai info menarik dan asik untuk di simak,Kami memberikan semua informasi menarik, terupdate, dan yang sedang banyak di bicarakan saat ini